script type= "text/javasript">if Serba-serbi Bayi Baru Lahir (tentang bayi) Langsung ke konten utama

Serba-serbi Bayi Baru Lahir (tentang bayi)

Betapa bahagianya mempunyai seorang bayi ya, sahabat. Bagai mendapat anugerah terindah. Walau sebenarnya menjaga amanah adalah sulit, karena kita akan bertanggung jawab di dunia dan akhirat. 

Penting untuk selalu menambah referensi ilmu kita, dalam hal ini yaitu bagaimana memperlakukan bayi yang baru lahir dan begitu lemah. 

Moms yuk simak:

1. Bayi baru lahir mempunyai berat badan berbeda--beda. Batas bawah berat badan kurang adalah 255 gram, dan normalnya sampai 3600 gram.  

Semakin kurang berat lahirnya, akan semakin riskan dan takut pula Moms untuk memandikan bayinya.

2. Bayi baru lahir hanya perlu dimandikan sekali dalam sehari, yaitu antara jam 8 sampai 9 pagi. Kenapa? 

Bayi perlu beradaptasi dengan suhu di luar rahim yang tadinya hangat, ke alam dunia yang dingin maupun berangin apalagi saat cuaca sedang hujan. Inilah sebabnya tidak jarang bayi menangis saat dimandikan.

3. Mandikan bayi anda dengan air hangat suam-suam kuku. Letakkan air dingin terlebih dahulu ke dalam bak bayi, lalu tambahkan air panas. Agar suhu panas tidak langsung diserap bak mandi yang nantinya mengenai pantat bayi, terapkan cara ini ya, Moms.

4. Sebelum digunakan, anda perlu memercikkan pada lutut anda sendiri, atau siku, apakah air dirasa cukup hangat dan tidak terlalu panas? Ingat, kulit bayi sangat sensitif dan akan langsung bereaksi kemerahan saat merasa air terlalu panas. Tanda bahwa aktifitas mandi cukup menyenangkan bagi bayi adalah ia tampak nyaman bersentuhan dengan air mandinya.

5. Aplikasikan sabun mandi bayi secukupnya saja, ya Moms,  dan bila kulit bayi setelah mandi tampak terkelupas halus, kemungkinan bayi anda mengalami alergi sabun yang tentunya mempunyai kandungan kimia dalam pembuatannya. Nah, Moms bisa menghentikan penggunaan sabun untuk sementara waktu.

6. Selain suhu air yang tepat, Moms juga bisa memperdengarkan musik lembut (atau lagu shalawat) di tengah aktifitas mandinya, atau sekedar celoteh kepada bayi anda. Apakah ini aneh? Tapi begitulah yang kulakukan kepada bayiku untuk membuatnya nyaman.

7. Jangan baringkan bayi di atas tulang kering kaki Anda, tetapi letakkanlah di atas lipatan selimut lama yang dialas perlak bayi, saat Moms mengusap tubuh kecilnya dengan sabun. Tetap ingat keamanannya karena moment ini bayi anda menjadi lebih licin apalagi kalau ia pandai bergerak-gerak. Hmm, inilah seninya mengurus bayi Moms...

8. Tidak perlu waktu yang lama untuk memandikan bayi baru lahir. Mengingat hari-hari pertamanya adalah penyesuaian. Jika bayi Anda bertambah bulan, barulah durasi mandinya ditambahkan sesuai keinginan bayi. Umumnya bayi senang bermain air di usia empat bulan ke atas. Terutama bayi yang sudah bisa posisi duduk dan eksplor gerakan tangan dan kaki.

9. Gunakan handuk yang tidak terlalu kecil untuk membungkus tubuh bayi agar ia merasa hangat. Dekaplah bayi anda sesaat, dan bila perlu berikan ASI untuk menghangatkan dan membuatnya kenyang. Jangan heran jika bayi anda tertidur masih dalam balutan handuknya. Ini tidak akan lama dan Moms bisa memakaikan pakaiannya setelah bayi terbangun untuk kemudian pipis atau pup. Ups!

10. Selalu gunakan baju bayi berbahan katun, ya Moms, agar bayi merasa nyaman dan menyerap keringat. Jangan fokus untuk membuat bayi Anda tampak keren dengan model-model yang mengganggu atau membahayakan seperti kancing, resleting, boneka, maupun manik-manik lainnya. Hal ini berlaku sampai bayi anda melewati fase tengkurap dan paham untuk tidak menelan kancing atau manik-manik yang copot.

11. Bayi baru lahir mempunyai wangi khas tersendiri. Jadi Moms tidak wajib memberinya bedak wangi karena sebagian bayi sensitif terhadap penambahan parfum pada talk. Gunakan pure talk saja ya Moms, sampai usianya cukup bisa menerima apa yang Anda spesialkan untuknya.

12. Tentang imunisasi, sebagian orang tua tidak ingin bayi mereka mendapat imunisasi karena alasan tertentu. Jika Moms memilih opsi untuk memberi bayi Anda sistem imun buatan ini, yang perlu diperhatikan adalah bayi akan menjadi sensitif setelahnya selama sehari. Maka Moms harus lebih sabar menghadapi kegelisahannya. Ubahlah cara menggendong atau menyusui bayi Anda, agar tidak menekan bagian lengan atas atau paha bayi demgan bekas suntikan. Karena jika Moms melupakannya, bagian ini akan membengkak dan membuat bayi bertambah rewel. Kasihan kan...

Baiklah Moms, sekian dulu tips seputar bayi baru lahir. Tips seputar ibu  dapat Anda simak di  https://mygenerationnewblog.blogspot.com/2019/10/7-hari-pertamaku-menjadi-ibu.html ya...salam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebuah surat kecil: Bahagiakah Kau Bersamaku

Foto: dokpri N ak, ibu ingin menulis surat terbuka untukmu. Ibu ingin mengenang kembali peristiwa yang sudah kita lewati. Semoga saat membaca surat ini, hatimu akan tersentuh, dan menjadi lebih dewasa dari sebelumnya. Nak, saat kau lahir, apakah kau tahu, ibu sudah menjadi IBU yang bahagia.  Kau adalah bayi cantik dan sangat sehat. Terlihat dari sinar di bola matamu. Bagai bintang kejora yang indah. Kau adalah anak pertama yang kumiliki. Dua adikmu  belum  lahir saat itu. Maka bukan waktuku saja yang melimpah untukmu, tapi hatiku. Kita punya banyak kenangan yang tak bisa kusebutkan semuanya di sini. Bagaimana kalau beberapa saja yaa, Nak. A pakah kau  ingat, dulu saat kau masih balita, sehabis mandi sore ibu mendandani dirimu. Kau cantik dan wangi. Lalu kita berjalan pelan ke mulut gang, berharap berpapasan dengan kedatangan Abahmu. Abahmu datang dengan sepedanya (sepeda sang bos yang dipinjamkan kepada Abahmu. Abahmu). Saat kita sudah menemukan Abahmu, kau akan dibawanya pulang sam

Asam-asam Peda (kuliner suku Banjar)

Ikan asin peda (foto: dokpri) Dari judulnya, aku sedang tertarik membahas satu masakan istimewa suku Banjar.  Aku sendiri bisa dibilang penikmat Asam-asam Peda.  Peda adalah nama jenis ikan asin yang banyak dijumpai di Banjarmasin dan Samarinda. Dua kota ini tak terlalu berdekatan jaraknya. Beda propinsi, malah. Tetapi banyak dari penduduk asli Banjarmasin dan sekitarnya yang merantau sampai ke kota Samarinda.  Samarinda sendiri mempunyai suku asli Kutai dan Dayak. Namun oleh beberapa faktor, kota ini sudah memikat orang-orang dari berbagai penjuru untuk datang dan menetap. Jadilah suku aslinya tak terlalu tampak. Alias kalah jumlah. Itu tadi sekilas tentang orang Banjar yang merantau sampai ke Samarinda. Nah, sudah kebiasaan perantau bila harus kangen masakan dari kampung halamannya. Terutama saat rindu pulang tapi tak pulang-pulang. Dari sekian banyak kuliner suku Banjar, yang mudah dieksekusi para "perindu" salah satunya adalah si ikan Peda. Ikan Peda adalah ikan asin yang

Ibu telah Berpulang

Foto: dokpri S eperti Anda yang tengah membaca tulisan ini, aku juga tidak akan lupa tanggalnya, kapan ibu berpulang .  Ibu telah melahirkan kita ke dunia. Dan sejak saat itu ibu selalu berjuang untuk kehidupan dan kebahagiaan anak-anaknya. Apalagi aku juga seorang ibu dari tiga anak perempuan. Aku seakan paham jasa-jasa ibu. Maka insya Allah aku tidak lupa memanjatkan doa untuk ibu. Sehabis sholat, maupun di waktu aku teringat dan terkenang akan ibu.  Aku tidak tahu, apakah ini arti kehilangan , atau kesedihan , atau bakti yang terakhir . Tapi begitulah. Aku sulit membuang bayang-bayang dan kenangan tentang ibu. Gambar-gambar ibu terbang menari-nari di pelupuk mata, melayangkan khayalan ke masa lalu. "Jangan terbawa jalan-jalan setan..." pesan adik laki-lakiku. Rasa kehilangan orang yang kita cintai, seringkali dianggap wajar, dan membuat kita larut. Menangis, meratap, meraung, semata-sema karena tidak rela dan sedih secara mendalam. Tapi aku tidak menangis, tidak

Indahnya Punya Tiga Anak Perempuan

Taman Balaikota Palu Punya tiga orang anak perempuan dalam rentang 9 tahun, rasanya sungguh luar biasa  Moms . Yang pasti seru dan bahagia.  Saya juga serasa diberi tantangan menghadapi keunikan dan hasrat mereka. Alhamdulillah  dengan berjalannya waktu, trik menghadapi anak-anak perempuan yang berbeda usia ini, dapat saya kuasai. Dan berikut ringkasannya: Awali dengan memberi pengertian Tentu setiap tindakan harus diawali dengan pola pikir.  Moms  bisa menerangkan hal mana yang baik, kurang baik, tidak baik, dan hal mana yang salah, beserta alasannya.  Gunakan bahasa yang mudah dipahami sesuai usia anak. Pekerjaan ini diibaratkan mengisi botol . Perlu takaran, kesabaran, bahkan berulang-ulang.   Tetapi lambat laun mereka akan mengerti. Beri waktu Hal apapun yang Moms  ajarkan kepada anak-anak, tidak akan secara express  diserap dan dilaksanakan oleh mereka. Bahkan setiap anak membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk "mencerna"nya. Ada yang cepat paham, dan ada yang membutu

Menikmati Pagi untuk Energi

Foto: Ayra Amirah Moms, sebagian kita sudah tahu benar apa manfaat bangun pagi. Bahkan sudah melakukannya. Tapi sebagian yang lain lagi, memilih "memanjangkan" jam tidurnya sampai menjelang siang.  Bangun pagi adalah awal kita beraktifitas. Ada yang ke sawah, ada yang ke sekolah, ada yang ke kantor, ataupun hanya ke pasar. Nah pertanyaannya, mengapa kita sibuk seperti itu ya, Moms ? Apakah kita sudah masuk dalam suatu lingkaran? Kita sibuk mengejar dunia, dan senang hidup penuh rencana, target, dan cita-cita. Lalu setelah sekian lama, berbulan, bertahun, bergelut seperti itu, apakah kita jadi jenuh? Bosan dan butuh liburan? Moms,   coba perhatikan. Justru ada sebagian orang lain lagi yang mempunyai waktu lebih fleksibel.  Mereka lebih "mungkin" menyapa alam. Menghayati jengkal demi jengkal. Sungguh yang Allah ciptakan itu tidak sia-sia. Lalu bagaimana cara menikmati alam yang Allah berikan untuk kita manusia?  Simpke kok Moms. Cukup melangkahkan kaki ke